Review-Roccat Isku: Gaming Keyboard dengan Banyak Fitur Unik

Standard

 

Dalam industri PC gaming, Roccat terhitung masih muda belia. Perusahaan asal Jerman ini baru berdiri dan mulai memproduksi perangkat gaming pada 2007 lalu. Biarpun begitu, ternyata dalam waktu singkat Roccat berhasil membuktikan diri sebagai produsen gaming device kelas dunia. Keyboard Isku yang diterima oleh Jagat Review adalah salah satu produk high-end dari Roccat yang dilengkapi dengan berbagai fungsi menarik. Apa saja yang ditawarkan Roccat lewat keyboard ini?

Roccat Isku

Kotak kemasan Roccat Isku Illumnated Gaming Keyboard.

Isku mengusung desain khas Roccat dengan garis-garis tegas yang memberi kesan modern sekaligus garang, seperti pesawat tempur stealth.

Berbeda dengan Roccat Arvo yang minimalis, Isku adalah sebuah keyboard gaming full-size. Roccat tidak tanggung-tanggung dalam merancang produk high-end ini. Di balik 123 tombol dengan teknologi anti-ghosting di Isku terdapat lampu penerang dengan 6 tingkat brightness yang bisa diatur lewat software.

Sesuai namanya, Roccat Isku memiliki illuminated keys dengan lampu berwarna biru yang akan membantu gamer melihat keyboard saat bermain dalam konsisi minim cahaya.

Layaknya keyboard gaming modern, Roccat Isku dilengkapi dengan tombol-tombol macro dedicated dan sejumlah tombol lain dengan fungsi berbeda. Selain tombol-tombol multimedia standar, Anda dapat menemukan lima buah tombol macro dan tiga buah tombol “thumbster keys” yang terletak persis di bawah tombol spacebar sehingga bisa dijangkau dengan mudah oleh ibu jari pengguna.

Kok, hanya sedikit? Tunggu dulu. Masing-masing dari 5 tombol Makro bisa menyimpan 2 fungsi makro berbeda, lalu tombol angka 1-5 dan 15 tombol huruf pertama di sebelah kiri (QWERT, ASDFG, dan ZXCVB) yang tergabung sebagai satu kesatuan “Easy Zone” bisa menyimpan fungsi makro tambahan.  Total terdapat 180 fungsi makro yang dapat disimpan dalam 5 user profile. Jumlah tersebut seharusnya sudah lebih dari mencukupi untuk sebagian besar pengguna.

Terdapat 5 buah tombol dedicated macro yang dibariskan memanjang di sisi kiri keyboard.

Lampu indikator profile yang sedang aktif dapat ditemukan di sebelah kiri-atas keyboard. Di sampingnya terdapat tombol “record macro” yang dapat digunakan untuk merekam fungsi macro secara on-the-fly.

Sedang beristirahat sejenak dari sesi gaming yang melelahkan? Tombol-tombol shortcut di bagian atas ini akan membantu pengguna menikmati musik, video, ataupun konten multimedia lainnya di PC.

Tiga buah “Thumbster Keys” diletakkan persis di bawah spacebar dan bisa dijangkau dengan mudah oleh ibu jari tangan kiri. Masing-masing tombol ini juga bisa meyimpan dua fungsi macro.

Roccat menyediakan panduan tertulis dalam bentuk leaflet quick install dan manual yang terdapat dalam CD software.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s