Sastra Wirid Angin, Buku Puisi Ketiga Majelis Sastra Bandung

Standard

BANDUNG, KOMPAS.com – Majelis Sastra Bandung merilis buku kumpulan puisi ketiga berjudul Wirid Angin pada 1 April lalu. Judul ini menjadi pelengkap dari rencana antologi puisi dan dua judul yang sudah terbit sebelumnya yakni Ziarah Kata serta Bersama Gerimis.

Sekretaris MSB, Jhon Heryanto, menuturkan bahwa buku Wirid Angin ini berisi 80 puisi karya 11 orang yang rutin mengikuti diskusi puisi seminggu sekali di sekretariat MSB di Areal Parkir 3 Kebun Binatang Bandung.

“Namun, penerbitan buku ini tidak serta merta menjadikan penulisnya sebagai seorang penyair. Buku ini hanya dokumentasi saja,” kata Jhon, Minggu (8/4).

Dia melanjutkan, menjadi seorang penyair membutuhkan totalitas hingga sering diistilahkan sampai harus “berdarah-darah.” Untuk itu, dia tetap meminta kepada pembuat puisi yang sudah termuat di tiga buku sebelumnya untuk terus berkarya dan menunjukkan kesungguhan mereka.

Disinggung mengenai buku ke tiga ini, Jhon mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan dari dua judul sebelumnya yakni puisi yang dimuat. Sebelumnya, puisi yang didokumentasikan MSB merupakan kiriman penulis sementara puisi dalam Wirid Angin muncul dari hasil diskusi yang digelar rutin.

MSB memiliki kebiasaan Tadarus Puisi, yakni mendiskusikan sebuah puisi yang digelar tiap Jumat sore di sekretariat mereka. Selain mingguan, mereka juga memiliki diskusi bulanan bernama Pengajian Sastra.

Dengan aktivitas MSB yang menginjak tahun ke empat, Jhon mengungkapkan bahwa sebagian nama terbukti tetap produktif dalam menghasilkan karya sastra. Kegiatan mereka juga tidak lepas dari dukungan penyair lainnya seperti Hawe Setiawan, Acep Zamzam Noor,Ahda Imran, Soni Farid Maulana, Afrizal Malna, Ahmad Faisal Imran, Bilven,Bode Riswandi, Binhard Nurohmat, Yopie Setia Umbara, dan sejumlah nama nama lainnya. (eld)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s