Metrotvnews.com, Prancis: Kepolisian Prancis melakukan penggerebekan di sejumlah kota, untuk mencari anggota kelompok militan setelah peristiwa penembakan Mohamed Merah.

Dalam penggrebekan di Marseilles, Roubaix, Carpentras dan beberapa lokasi lain, polisi menahan sedikitnya 10 orang terduga anggota kelompok militan. Sebelumnya, pekan lalu polisi juga melakukan penggerebekan dan menahan 13 orang tersangka.

Tingginya intensitas operasi kepolisian ini tak lepas dari sumpah Presiden Nicolas Sarkozy yang berjanji akan menumpas terorisme di Prancis usai tragedi Mohamed Merah.

“Pemberantasan kelompok radikal Islam akan terus digelar hingga kami berhasil mengusir orang-orang yang tak memiliki alasan berada di Prancis keluar dari negeri ini,” kata Sarkozy yang akan menghadapi pemilihan presiden bulan ini.

Hingga perbatasan

“Penggerebekan yang dilakukan pada Rabu (4/4) ini dipusatkan di wilayah selatan dan tenggara Prancis, terutama di Marseilles,” demikian dilaporkan kantor berita AFP.

Operasi penggerebekan juga digelar hingga ke kota Roubaix, di dekat perbatasan dengan Belgia. Operasi ini digelar kurang dari sepekan setelah penyergapan sejumlah orang yang diduga terkait dengan kelompok radikal Forsane Alizza yang dilarang bulan lalu.

Namun, polisi masih berhati-hati mengkaitkan penggerebekan ini dengan operasi penangkapan Mohamed Merah di Toulouse.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri mengumumkan telah mengusir lima orang ulama radikal sebagai bagian dari pembersihan kelompok radikal ini. (BBC/****)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s