APR6

LLANO merupakan salah satu prosesor AMD yang populer di pasaran. Kini varian baru dari LLANO telah hadir di pasaran Indonesia dalam bentuk AMD A8-3870K. Apa kelebihan dari prosesor baru ini? Mari kita simak bersama review lengkap dari produk ini!

Posted on April 6, 2012 by 

 

LLANO merupakan salah satu prosesor AMD yang populer di pasaran. Kini varian baru dari LLANO telah hadir di pasaran Indonesia dalam bentuk AMD A8-3870K. Apa kelebihan dari prosesor baru ini? Mari kita simak bersama review lengkap dari produk ini!

LLANO dengan Unlock Multiplier

Pada awal peluncurannya, AMD LLANO dipasarkan sebagai sebuah prosesor dengan integrated graphic tercepat di kelasnya. Ini adalah salah satu elemen yang membuat LLANO menjadi salah satu prosesor terpopuler AMD di pasaran. Para enthusiast hardware, seperti power user dan overclocker, mulai melirik LLANO dan berusaha mendapatkan performa lebih dari prosesor ini. Sayangnya, seri APU LLANO yang telah ada di pasaran  tidak diberikan ruang banyak dalam hal overclock, bahkan overclock GPU tidak diizinkan! Untuk memenuhi keinginan kaum enthusiast ini maka AMD menghadirkan prosesor LLANO terbaru dalam bentuk AMD A8-3870K.

Dengan mengusung empat buah core fisik dan clock speed 3.0 GHz, A8-3870K merupakan prosesor LLANO tercepat saat ini. Jika dicermati spesifikasi dari produk ini, maka terlihat A8-3870K memiliki deskripsi rangka desain yang identik dengan A8-3850. Perbedaan dari keduanya hanya terlihat pada kecepatan standar, dimana A8-370K memiliki clock speed lebih tinggi 100 MHz dari A8-3850. Namun, apakah hanya itu saja perbedaan dari kedua prosesor ini? A8-3870K memiliki dua buah fitur yang tidak terlihat hanya dengan melihat tabel spesifikasi. Fitur pertama adalah unlock multiplier, untuk menaikkan performa prosesor ini Anda cukup menaikkan multiplier tanpa harus merubah base frequency. Fitur lainnya yang hadir adalah kemampuan mengoverclock GPU. Hal ini, sebelumnya tak diizinkan pada processor LLANO yang terdahulu.

Dalam pengujian ini, kami membandingkan AMD A8-3870K dengan seri pendahulunya, yaitu A8-3850. Ini kami lakukan untuk membandingkan performa dan melihat seberapa besar peningkatan performa dari prosesor baru ini dibandingkan pendahulunya.

Harga prosesor ini dibanderol sebesar Rp.1.250.000,-. Perbandingannya adalah sebuah A8-3850 yang dihargai sebesar Rp1.190.000,-. Dengan perbedaan harga kurang dari 100 ribu rupiah membuat A8-3870K menjadi pilihan yang masuk akal diantara keduanya. Lalu bagaimana dengan performanya? Mari kita simak bersama bagian pengujian dari review ini!

Platform Pengujian AMD A8-3870K Black Edition

  • Prosesor: AMD “LLANO”A8-3850, AMD “LLANO” A8-3870K
  • Motherboard: ASUS F1A75V-Pro                                                                         
  • Memory: KHX1600C9D3K4/16GX                                             
  • Hard Drive: Kingston HyperX SSD 120 GB                                                               
  • Power Supply: Corsair Professional Series™ Gold AX850 — 80 PLUS® Gold Certified Fully-Modular Power Supply
  • Cooling : Standard Heatsink
  • Monitor: Philips 221E
  • Input: Genius (keyboard dan mouse)
  • OS: Windows 7 Ultimate 64-bit SP1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s