APR6

Review Android Apps – Jadwal KA (Indonesia): Aplikasi Fungsional untuk Para Pengguna Kereta Api

Posted on April 6, 2012 by 

 

Jika akan berencan akan beerlibur ke sebuah daerah yang masih satu pulau dengan tempat tinggal Anda, transportasi darat mungkin bisa menjadi pilihan yang lebih murah dibandingkan transportasi udara. Dari semua transportasi darat yang ada, kereta api menjadi salah satu pilihan favorit karena bebas macet.

Jika Anda ingin membeli tiket kereta api antarprovinsi, biasanya Anda datang langsung ke stasiun dan membelinya melalui loket yang telah disediakan. Jarang yang melakukan pencarian terlebih dahulu melalui situs online untuk mengecek jadwal keberangkatan.

Kebiasaan seperti ini sebenarnya memiliki berbagai kekurangan. Risiko kehabisan tiket,waktu yang terbuang untuk menunggu datangnya kereta api,  atau tidak tersedianya tempat duduk menjadi masalah klasik yang sering dialami para calon penumpang kereta api. Semua risiko itu sebenarnya bisa dihindari jika calon penumpang menyusun rencana perjalanan yang matang. Untuk para pengguna perangkat Android, tersedia sebuah aplikasi yang menyediakan jadwal keberangkatan kereta api sehingga dapat memudahkan mereka dalam menentukan waktu keberangkatan dan meminimalisasi risiko.u.

Platform

HTC Aria
2G Network: 850/900/1800/1900
3G Network: 850/1900 – 900/2100
Dimensi: 103.8 x 57.7 x 11.7 mm
Berat: 115g
Display: 320 x 480 pixel, 3.2 Inch
Internal: 512 MB ROM, 384 MB RAM
Eksternal: MicroSD sampai dengan 32 GB
WLAN: WiFi 802.11 b/g
Kecepatan: HSDPA 7.2 Mbps
Bluetooth: Yes v2.1 dengan A2DP
Chipset: Qualcomm MSM7227
GPU: Adreno 200
CPU: 600 MHz ARM 11
GPS: Yes A-GPS
OS: Android OS 2.1 (Eclair) upgradeable to Gingerbread

Instalasi

Dengan adanya update yang dilakukan oleh Google dari Android Market Place menjadi Google Play Store, aplikasi Jadwal KA menjadi lebih mudah ditemukan melalui fasilitas pencarian yang telah disediakan. Proses unduh dapat dilakukan dalam waktu kurang dari satu menit dengan jalur data yang baik. Aplikasi yang diproduksi oleh Gulajava Ministudio ini memakan ruang bebas memori sebesar 3.18 MB dan sudah mmasuk ke versi 2.0.1.

Fitur

Sebagai salah satu produsen dalam negeri, Gulajava Ministudio membuat aplikasi ini tidak sembarangan. Anda tidak hanya menemukan database jadwal keberangkatan seluruh jalur kereta api di Indonesia saja, berbagai fitur menarik lainnya sehubungan dengan alat transportasi ini juga disertakan dan sangat membantu penggunanya. Berikut adalah beberapa fitur yang kami temui saat pengujian berlangsung.

Simple Search – Proses pencarian yang disediakan menjadi lebih mudah dan sangat cepat dengan menggunakan sistem dropdown menu sehingga Anda cukup memilih data yang tampil ketika mengklik sebuah kolom yang tersedia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s